Rabu, 23 Maret 2016

Review : Pengalaman Belanja di Sale Stock Indonesia





Review ini adalah review jujur berdasarkan pengalaman saya belanja di Sale Stock Indonesia. Saya tidak dibayar sama sekali untuk review ini. By the way, review ini akan cukup panjang : )

Kalian pastinya udah tau dong, Sale Stock Indonesia? E-commerce yang mengklaim memberi “harga jujur” ini iklannya lumayan sering wara-wiri di facebook. Suatu hari, saya pun keracunan dan akhirnya kepo-in websitenya hehehe. Ternyata disana banyak sekali barang-barang yang memanjakan mata. Tapi saya sedikit trauma untuk belanja online, soalnya udah pernah ketipu. Jadi...sebelum saya belanja, saya menelusuri dulu “jejak” sale stock ini. Setelah browsing-browsing untuk cari review, review yang diberikan untuk Sale Stock adalah : mixed. Campur aduk. Ada yang senang, ada yang kecewa, ada juga yang senang sekaligus kecewa. Meski masih sedikit ragu, saya memutuskan untuk tetap belanja karena setidaknya sale stock ini tidak terindikasi melakukan penipuan.

Kemudian saya membeli beberapa dress, lalu meninggalkan “keranjang belanja” selama beberapa hari tanpa “melakukan pembayaran ke kasir”, karena belum ada waktu untuk transfer. Ketika saya cek lagi, banyak dress yang barangnya sudah kosong, termasuk dress yang sangat sangat saya inginkan—semoga saja suatu saat nanti dress itu ada lagi stok nya :(

(dari pengamatan saya, banyak sekali barang-barang di sale stock ini yang habisnya hanya dalam hitungan hari)

Akhirnya saya memesan tiga dress dan melakukan pembayaran pada hari itu juga. Saya langsung melakukan konfirmasi di website sale stock dan juga konfirmasi ke CS Sale Stock di facebook (dengan menyertakan informasi lengkap yang kira-kira relevan, termasuk di antaranya id order, jam transfer, dll). Saya juga mengupload bukti transfer.



Dari pengalaman saya, CS Sale Stock Facebook adalah yang paling “membantu” meskipun responnya tidak secepat CS Sale Stock di Website Sale Stock Indonesia. Saya juga menghubungi CS Sale Stock melalui WhatsApp, tetapi responnya lama sekali (CS Facebook biasanya merespon dalam hitungan jam, sedangkan CS WA bisa sampai selang waktu satu hari) dan saya jadi tidak sabaran (maklum, pertama kali belanja disini hehe), tapi katanya respon lama ini karena WhatsApp pihak Sale Stock sedang di-maintenance.
Lalu setelah saya mendapat konfirmasi bahwa data transfer saya ditemukan (proses validasi ini hanya memakan waktu beberapa jam), CS mengatakan bahwa orderan saya akan diproses dan akan segera disiapkan tim gudang, lalu saya akan dikabari lagi setelah order saya dikirim oleh kurir.

Setelah itu, saya menunggu dengan tenang selama lebih kurang dua minggu. Karena pesanan tak kunjung datang, saya komplain ke CS sale stock dan keluhan saya ditindaklanjuti. Sekitar dua hari kemudian saya dihubungi oleh kurir JNE : pesanan saya sudah sampai!
Kurirnya juga baik dan ramah, sama seperti semua staff dan CS sale stock :)
Dan meskipun kurir menggunakan nomor tsel, dia tidak keberatan menelepon saya yang beda operator (semoga pulsanya tidak langsung habis hehe), padahal saya tidak keberatan di sms saja, biasanya akan saya respon dengan cepat.

Setelah itu...saya langsung masuk ke rumah, lalu membuka paket yang datang dan...
.
.
.
.

Kecewa. Itu respon pertama saya.
Dress coklat yang saya pesan datang dengan warna yang berbeda dengan  yang saya harapkan. Masih coklat, tapi coklat yang lebih ke...err...cream atau mocca (?) saya tidak tahu bagaimana mendeskripsikannya, yang pasti warna coklatnya berbeda dengan yang ditampilkan di website. 

Lalu satu dress lagi juga tidak sesuai dengan yang saya harapkan. Sedikit sempit dan warna creamnya terlalu tua dan gelap, mendekati coklat (pada gambar produk di website, warna cream yang dicantumkan kurang jelas karena gambar produknya kecil, tidak besar seperti gambar produk dengan warna utama,tapi di monitor saya warna terlihat cukup cerah—warna cream pada bayangan saya adalah cream cerah seperti warna cream pada bedak (?) dan saya juga punya baju cream dengan warna cream yang saya bayangkan, berbekal bayangan inilah akhirnya saya tetap nekat memesan warna cream karena semua warna lain sudah habis, saya suka dressnya).Lalu satu lagi, long cardigan ruffle cantik yang kepanjangan untuk saya (tidak mungkin dipotong karena rufflenya di bawah).
Karena tidak ada yang pas, saya ingin melakukan retur (pengembalian) untuk semua produk. CS membolehkan karena masih dalam masa garansi 30 hari. Satu-dua hari, dan saya berubah pikiran hehe...dress coklat yang salah warna itu entah kenapa jadi terlihat menarik dan cocok dengan sepatu yang baru saya beli, jadi saya mengurungkan niat saya untuk meretur semua barang dan akhirnya hanya meretur dua di antara tiga barang yang saya beli. Saya juga melakukan pembelian lagi pada hari yang sama dengan hari dimana saya melakukan retur, dan saat ini saya sedang menunggu barang yang saya pesan tiba.

Untuk selanjutnya, saya akan update pengalaman retur-refund dan transaksi kedua saya jika ada waktu senggang :)


SALE STOCK INDONESIA


PROs :


  •  Trusted
  • Respon tergolong cepat (hitungan jam—cukup cepat untuk perusahaan besar dengan ratusan pelanggan yang harus dilayani tiap harinya)
  • Harga standar (saya tidak tahu di kota lain, tapi di tempat saya, harga salah satu dress yang saya lihat di sale stock hanya berbeda sedikit dari dress bermodel sama yang saya beli di mall. Dan item serupa di olshop lokal harganya sedikit lebih murah)
  • Barang-barang yang sangat beragam 
  • Sistem belanja yang mudah dan menarik
  • Gratis ongkir
  • Bisa retur barang yang dirasa tidak sesuai (salah warna, kebesaran, kekecilan, etc) 
  • Bisa Cash on Delivery (bayar langsung setelah barang diantar ke alamat kita—meski saya lebih suka via transfer)
  • Kupon diskon  (Sale Stock memberikan kupon diskon yang bisa didapatkan dengan cara belanja sejumlah nominal tertentu. Lalu ada juga yang namanya “kupon teman”. Saat akan membayar barang-barang belanjaan di “keranjang belanja” ke “kasir”, ada pilihan untuk memasukkan kupon. Di kotak/kolom  “punya kupon sis?” masukkan kupon 47KH yaa... :D akan ada potongan harga.)
CONs :
  • Proses pengiriman bervariasi. Ada yang hanya seminggu, ada yang memakan waktu dua-empat minggu sejak validasi. Jadi jika ingin mengenakan barang yang dibeli ke acara atau semacamnya, disarankan untuk melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari.
  •  Kualitas bervariasi. Ada yang bagus, ada yang lumayan bagus. Ada yang...jelek.
    Dari tiga dress yang saya pesan, yang satu kualitasnya bagus meskipun harganya di bawah 100rb, yang satu kualitasnya lumayan...yang satu kualitasnya...err...cukup lah. Cukup wearable, dan...sesuai lah dengan harganya yang murah, di bawah 100rb + gratis belt.
Kesimpulan : 
Sepertinya belanja di sale stock ini untung-untungan (?).
Dan jangan harap barang bisa diproses untuk dikirim dalam hitungan 1-2 hari saja lalu barang sampai di minggu itu juga seperti saat belanja di olshop biasa. Soalnya Sale Stock ini e-commerce besar yang pelanggannya banyak, jadi kuncinya adalah harus sabar dan santai...rata-rata waktu pengiriman adalah 7-10 hari kerja (tidak termasuk sabtu, minggu dan libur nasional), dan mungkin bisa lebih lama (atau lebih cepat?).
Kalau dirasa udah terlalu lama, boleh kok komplain ke CS Sale Stocknya.

Tapi meski dengan segala kekurangannya, sepertinya saya masih akan tetap belanja di Sale Stock Indonesia. Trusted, mudah dan barang yang ditawarkan pun beragam dan cantik-cantik! (keputusan saya untuk langganan disini ini bisa berubah ke depannya tergantung dari pelayanan yang diberikan Sale Stock. Jika meningkat, bagus. Jika memburuk...ya...)


Semoga untuk ke depannya Sale Stock bisa meningkatkan pelayanannya terutama dalam hal pengiriman dan pemerataan kualitas.

28 komentar:

  1. Mau ikutan komentar nih..
    Pengiriman cepat tp kualitas biasa,.. kemudian saya proses retur, dan ada bukti resi sdh di terima tgl 28 Sept .. lalu tgl 11 Okt di tanya perihal returnya di jawab dg alasan barang blm sampai di Gudang...
    Hellooo... bukti resi sdh di terima lalu bilang blm sampai Gudang, Jadi CSO tanya kek ke penerima ,, mau nunggu tuh barang nongol di gudang mau sampai kapan ??
    inisiatif donk jadi CSO ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak lilis, salam kenal.

      kalau masalah retur saya waktu itu ngga bermasalah sih mbak, tapi memang proses refundnya lumayan lama. Sabar-sabar aja nanyain CS nya.

      Hapus
  2. ZBAP2OA3 dengan kode itu bisa dapat diskon 15% di zalora. khusus akun baru, no minimum order, free ongkir, bisa pilih bayar di tempat, dan gratis pengembalian barang. semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. Aku sering bgt beli baju di sale stock.. awal2 beli dress batik untuk kerja. Bagus sih, tapi bahannya tipis bgt. Trus waktu itu beli top sama skirt.. ga sesuai gambar. Asli parah. Kecewa, mau retur tapi ribet ngurusnya. Atasan yg aku pesan tipis bgt bahannya. Trus roknya kegedean. Pdhl aku pesan size S. Trus ga sesuai sama gambarnya. Di websitenya skirt polkadot kecil dgn belahan di depan samping. Eh pas dateng, ukurannya kepanjangan, bahannya jelek, polkadotnya gede2 bgt, dan belahannya ada di tengah belakang.. smnjk itu aku kapok beli di sale stock lg.. meskipun di websitenya bagus.. tapi takut mengecewakan lg. Krn harganya murah, jd wajar sih klo kualitas bahannya tipis2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak annis, salam kenal.

      haha iya saya juga dapat bahan baju yang tipis sesuai sama harganya mba...tapi itu dulu. semoga sekarang kualitasnya membaik, seiring harga item-itemnya nya yang juga naik.

      Hapus
  4. Sale stock mengewcewakan. Emangnya pas kirim barang gak d cek dulu kondisinya? Barang datang dompetnya lembab rusak pecah". Dan jamuran... Duh cukup sekali.

    BalasHapus
  5. Sale stock mengewcewakan. Emangnya pas kirim barang gak d cek dulu kondisinya? Barang datang dompetnya lembab rusak pecah". Dan jamuran... Duh cukup sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak okta, salam kenal.

      wah...kalau sampai segitunya saya belum pernah ngalamin sih. mbak complain aja ke CS nya, retur lalu minta refund.

      Hapus
  6. salestock mengecewakan bangettttttt,,komplain gak direspon,,wa dan chat kayak mesin penjawab tanya id trs,,
    waktu di cek resi nya tdk trlacak.
    alasan dlm pengiriman dll
    gambar bagus tapi pelayanan buruk
    diawal aja baik fast respon,setelah order responya lelet,,
    kalau memang e commerce..pelanggan bnyak ,ya karyawanya ditambah dongg,,biar cepat kirim barangnya
    email pun tdk bs terkirim,gagal melulu
    poolll kecewanya,gambar tok bagus,tapi jelek smua
    menyesal dah belanja,,,,ga lagi disana
    mending di ol shop lain..4 hr udah sampai
    baru nyoba di sale stock dapatnya kecewa
    barang belum datang udah seminggu..ini dikirim apa disimpan di gudang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt aku stuju itu yg aku alamin juga

      Hapus
    2. halo mbak Dewi, salam kenal.

      semoga nanti sale stock bisa memperbaiki service mereka ya.

      Hapus
  7. Aduh gila akupun gak habis pikir sama sale stock segitunya parahhhh banget ternyata bukan aku aja yg mengalami kekecewaan seperti ini aku banyak bgt keluhan nnya udh ditanyain id order,lelet,barang jelek parah gatal-gatal dipakenya emang sih itu bhan brokat tapi kan aku juga suka pake brokat tapi gak pernah gatal" gitu terus beli kaos kakigak sesuai,beli baju meski disitu nya berlebel produk pikihan tqpi gak menjamin ya buktinya baju brokat itu lalu belu sendal walau disitu size 39 dan panjang kaki sesuai pas dtg bqrang ukurannya kecil bgt,lalu beli baju tidur celana pendek bgt kerah nya itu loh gak suka bgt gila walaupun ditawarkan dengan berbagai kemudahannya tapi jangan mau lah belanja disini lalu sekarang free ongkirnya harus belanja min 200 k dulu alasannyakata sorayanya itu mau memperbaiki layanan dari dulu gitu mulu hanya sebuah janji tapi ni action

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Camelia, salam kenal.

      jujur saja saya udah lama ga belanja di sana, jadi kurang bisa menilai. Sekarang harganya udah mahal-mahal sih menurut saya.
      Tapi terakhir saya beli sepatu cukup sesuai sama gambar dan bagus barangnya.

      Wah free ongkir sekarang harus belanja minimal 200k ya? :'D Dulu 50k masih gratis...

      Hapus
  8. Hampir tergiur nih mau belanja di salestock krna iklanya seliweran terus di fb,iseng2 kepo bajunya bagus2 ya dan harganya ga gitu mahal sih udah gt ada promo freeong dan bisa COD jg wah jd penasaran makin tergiur mau order deh,tp krna ak blm pernah order disana ak coba browsing2 dulu ttg salestock dan nemu blog ini pas liat komen2nya kok kebanyakan negatif dan kecewa sama salestock jadilah saya mengurungkan niat mau ordernya hehe terima kasih ya blog nya sangat membantu😊

    BalasHapus
  9. Aku juga baru mau coba order nih, tapi kok jadi ragu yaa??? Takut kecewa jadi bikin badmood deh...

    BalasHapus
  10. Makasih ka, Aku beranikan diri untuk order beberapa waktu yang lalu. Demi Sista semuanya aman-aman saja ka.

    BalasHapus
  11. Jadi ikutan galau mau blanja di sale stock ini.. udah hampir transfer.. baru kepikiran untuk browsing pengalaman org2 blanja di olshop ini.. akhirnya nemu blog ini.. kaya aku batalin aja ordernya.. takut kecewa.. hehehe

    BalasHapus
  12. Aku rencana nya jga mau belanja di sale stock eh nemu blog ini jadi gajadi. Pindah aja ke olshop lain. Mkasih ya buat blog ny jdi bs lebih hati2 dlm belanja..

    BalasHapus
  13. Pengiriman cepat.. ga nyampe seminggu dh datang..tp maaf kak.. bahan nya yg dua terlalu tipis.. motifnya bagus.. makasih...

    BalasHapus
  14. Pengiriman lama lelet pakek jasa RCL
    Kalo cs sale stok nya slalu respon enak tpi jasa ekspedisinya itu yg bikin badmood

    BalasHapus
  15. 2 kali kena tipu... Selama program cash back nya.

    BalasHapus
  16. Saya juga pesan baju dari tgl 2 Desember 2018 belum dateng-dateng sampai detik ini udah 3 Minggu ngak dateng-dateng

    BalasHapus
  17. Kemarin saya belanja di sorabel yg ternyata namanya dulu salestock, saya beli sepatu COD dan bisa di coba dulu gitu kan, tp pas barang dteng saya ga ada di rumah, alhasil org rumah yg bayar dan tampa diliat barangnya dulu. Setelah sampe rmh saya liat barangnya dan sangat mengecewakan, jahitan berantakan benang kemana". Jauh bngt dri yg di foto, trus saya complain ke cs nya. Cs minta bukti foto jg trus saya tunjukin dan cs nyaranin buat refund barangnya. Saya pngen sih refund karna sepatunya itu parah bngt, tp saya takut setelah barang saya kembalikan pihak salestock tidak mengembalikan uang saya. Kira" saya harus gmna ya? Tolong sarannya sista" :)

    BalasHapus
  18. Iya pengirimannya lama sekali. Tidak sesuai di info lacak resi. Cs tidak ada inisiatif untuk menghubungi pihak ekspedisi.

    BalasHapus
  19. Entah kenapa selama aku belanja aman² aja, cuma sekali yang mengecewakan sih
    Barangnya bagus² dan bahannya bagus juga
    Pengiriman selama ini maks 5 hari udah sampe kok ehehe
    Banyak promo sama voucher giveaway juga

    BalasHapus